Capaian Pembelajaran Lulusan

Pendidik Seni (guru musik/ guru tari), Peneliti Seni dan Wirausahawan Seni ”. Setiap rumusan profil yang ditetapkan prodi menuntut kompetensi yag harus dimiliki lulusannya, disebut Standar Kompetensi Lulusan. Standar Kompetensi Lulusan tersebut menurut SN-Dikti dirumuskan sebagai Capaian Pembelajaran. Capaian pembelajaran lulusan pada Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan dirumuskan dalam deskripsi KKNI jenjang kualifikasi sarjana atau setara level 6 dan SN-DIKTI sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Adapun deskripsi CPL terdiri dari 4 unsur meliputi: sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.
Penjelasan rinci tentang CPL dijelaskan pada tabel berikut :

 

KodeCPL Prodi
S1Menginternalisasikan nilai- nilai Pancasila sebagai manifestasi nilai Wasaka dalam kehidupan pribadi, sosial dan global.
S2Menunjukkan sikap profesional, kreatif, inovatif dalam bidang pendidikan secara mandiri maupun kelompok.
KU1Menguasai kemampuan menerapkan konsep,teknik, dan prosedur dalam penyajian seni pertunjukan secara mandiri dan komprehensif; memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai bentuk penyajian secara kritis sesuai standar artistik berdasarkan norma agama dan etika profesi; dan menggunakan kemajuan teknologi dan pengetahuan untuk memberikan kontribusi kepada kehidupan masyarakat dan negara.
KU2Mengetahui teori dan teknik penelitian problematika sosial dan mampu menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan yang diakui secara nasional dan internasional.
KK1Menguasai konsep dan prosedur Pendidikan seni untuk SMP dan SMA yang sesuai dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif berdasarkan norma agama, etika profesi, dan konvensi bidang seni.
KK2Memahami konsep dan prinsip entreprener seni pertunjukan tari, musik, dan drama secara mandiri dan mampu menerapkan seni pertunjukan secara profesional dengan menggunakan teknologi informasi yang bertanggung jawab sesuai dengan norma agama, sosial, dan nilai-nilai etika dan estetika.
P1Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk bertindak sebagai warga negara yang agamis, mencintai negara, bangsa, dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila, dan memiliki kemandirian untuk berkarya secara kreatif, adaptif, dan kritis sesuai dengan dinamika global.
P2Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan dan pembelajaran secara teoritis dan aplikatif dalam konteks budaya Indonesia, dalam peran sebagai pendidik yang kritis, inovatif, adaptif, dan komunikatif sesuai dengan karakter dan budaya siswa di era global. Memahami prinsip, konsep, dan prosedur seni pertunjukan secara menyeluruh dan mandiri. Memiliki kemampuan optimal untuk menginovasi dalam berbagai kancah secara kritis sesuai dengan standar